Kunjungan Museum Gunungapi Merapi Tahun 2017 Didominasi oleh Golongan Pelajar

Museum Gunungapi Merapi (MGM) merupakan salah satu wisata edukasi yang berada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya Jogja yang istimewa, MGM juga memiliki keistimewaan tersendiri. MGM merupakan museum yang menjadikan Gunung Merapi sebagai objek utama edukasi pada khususnya dan gunungapi pada umumnya. Selain sejarah dari Gunung Merapi, keistimewaaannya adalah pada site atau lokasi museum yang dekat dengan Gunung Merapi. Dari MGM, kita bisa melihat gagahnya Gunung Merapi sebagai latar belakang museum secara langsung. Oleh karena itu, tidak salah apabila MGM menjadi salah satu tujuan wisata edukasi favorit, terutama bagi pelajar yang berasal dari dalam maupun luar DIY.

Pada tahun 2017, total jumlah kunjungan MGM mencapai 261.863 pengunjung, terdiri atas 259.059 wisatawan nusantara dan 2.804 wisatawan mancanegara. Jika dibandingkan dengan jumlah kunjungan tahun 2016, MGM mengalami kenaikan sekitar 17,04% di tahun 2017. Berikut jumlah pengunjung pada tahun 2016 dan pengunjung pada tahun 2017.

Dari grafik di atas, dapat dilihat bahwa jumlah kunjungan terbanyak adalah di Bulan Januari, Mei, Juli, dan Desember. Kecenderungan ini dikarenakan bulan-bulan tersebut merupakan puncak kunjungan yang berasal dari golongan pelajar. Mereka memasuki masa liburan sekolah dan juga awal masuk sekolah yang biasanya terdapat kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) ke museum atau tempat wisata edukasi lainnya. Berikut presentase kunjungan museum gunung merapi berdasarkan golongan pengunjung tahun 2017.

Kunjungan ke MGM yang berasal dari golongan pelajar mencapai angka 54% sedangkan 46% adalah golongan umum yang biasanya terdiri dari rombongan keluarga atau komunitas. Jika dibagi berdasarkan asalnya, kunjungan di MGM Tahun 2017 meliputi 38% pengunjung asal DIY, 61% luar DIY, dan 1% adalah pengunjung asing atau wisatawan mancanegara.

Kegiatan promosi dan pemasaran MGM terus dilaksanakan untuk menjaring dan menarik minat pengunjung dan ke MGM. Kegiatan promosi ini paling banyak masih berpusat di pulau Jawa.  MGM juga melakukan beberapa kali sosilasi di Provinsi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Jawa Barat. Selain promosi secara langsung, MGM juga melakukan promosi melalui media social seperti facebook (museum.merapi), Instagram (@museummerapisleman), dan juga web (mgm.slemankab.go.id) untik lebih mengenalkan dan mendekatkan MGM kepada masyarakat luas, sekolah, dan penggiat wisata seperti travel agent atau biro wisata/perjalanan.

Comments

comments