Peningkatan Kapasitas SDM Tagana Kab. Blitar dalam Perlindungan Sosial Penanggulangan Bencana Alam di Museum Gunungapi Merapi

Museum Gunungapi Merapi, pada hari Selasa 6 November 2018 berlangsung kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM Tagana Kab. Blitar dalam Perlindungan Sosial Penanggulangan Bencana Alam. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dinas Sosial Kab.Blitar yang menaungi Tagana Kab.Blitar. Peserta kegiatan ini terdiri dari 60 peserta yang berasal dari Dinas Sosial Kab.Blitar, Tagana Kab.Blitar dan Dinas Sosial Kab.Sleman beserta Tagana Kab.Sleman.

Kegiatan Peningkatan Kapasitas SDM ini bertujuan untuk sharing pengalaman dan ilmu dari Tagana Kab.Sleman kepada rekan- rekan Tagana Kab Blitar dalam hal penanggulangan bencana terutama ancaman letusan gunungapi yang sudah sering terjadi, salah satunya letusan Merapi tahun 2006 dan 2010. Hal ini dikarenakan di Kab.Blitar juga merupakan daerah yang berpotensi terdampak ancaman bahaya letusan gunung api G.Kelud.

Pada kesempatan kali ini, materi yang disampaikan berupa manajemen penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi yang disampaikan oleh Kabid Linjamsos Dinsos Kab. Sleman, manajemen perlindungan sosial dalam penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi oleh Kasi Bansos dan Penanganan FM Dinsos Kab. Sleman, dan materi penanganan bencana erupsi Gunung Merapi dari masa ke masa oleh Ketua FK Tagana Kab Sleman. Materi-materi ini disampaikan agar peserta dapat belajar langsung dari pengalaman yang dilakukan di Gunungapi Merapi sehingga apabila terjadi letusan gunungapi, penanggulangan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat dan tepat.

Indonesia merupakan negara yang berada di wilayah Ring Of Fire atau Cincin Api Pasifik yang menyebabkan Indonesia memiliki 127 gunungapi aktif. Gunungapi ini tersebar dari Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, sampai dengan Kepuluan Maluku dan Wilayah Sulawesi sehingga potensi bencana juga menaungi wilayah-wilayah tersebut. Kegiatan peningkatan kapasitas SDM terutama untuk penanggulangan bencana yang tujuannya untuk meningkatkan kesadaran akan bencana seperti ini sangatlah bermanfaat untuk Indonesia yang memang memiliki potensi bencana tersebut. Museum Gunungapi Merapi sebagai salah satu wahana informasi-edukasi gunungapi berusaha untuk selalu memberikan dukungan untuk kegiatan seperti ini terutama yang berkaitan dengan urgensi-nya untuk meningkatkan kesadaran bencana bagi masyarakat Indonesia. Seperti semboyannya, Merapi Jendela Bumi!

Salam Sahabat Museum!
Museum di Hatiku!

Comments

comments